A. IDENTITAS
I. Nama Komunitas : KITADATA; Komunitas Pecinta Dakwah Ta’lim Al-Qur’an.
II. Legal Formal : Sedang Proses pendirian Yayasan
III.Personil :
1. Pembina                                             : M. Fathoni
2. Pengawas                                           : Hendiana
3. Ketua                                                 : Asep Dani
4. Sekretaris                                           : Rika Gustiana
5. Bendahara                                          : Santi Januarti
6. Divisi LitBang dan Training                   : Sofyan Yahya
7. Divisi Teknologi Informasi dan Media     : Randi Purnama
8. Divisi Dana & Usaha                             : Dedi A.M, Rahmatulloh
9. Divisi Pengembangan SDM                    : Sony
10. Divisi Kesekretariatan                         : Subaryati, Hanifah

IV. Alamat : Head Office Lt. 2 Masjid Al-Muttaqin Jl. Panorama
Rt. 03 Rw. 10 Desa Kayu Ambon Kec. Lembang Kab.
Bandung Barat 40391 – JAWA BARAT. HP:
081223318225
Email: kitadatacenter@gmail.com
V. Logo Lembaga :


VI. Deskripsi : KITADATA adalah sebuah wadah komunitas pecinta dakwah ta’lim Al-Qur’an yang menghimpun semua Konten yang berkaitan dengan Al-Qur’an baik Materi, Metode, Kurikulum dan lain sebagainya untuk selanjutnya dapat disampaikan kepada seluruh umat muslim di Dunia secara Gratis.

B. LATAR BELAKANG

Al-Qur’an merupakan pedoman, tuntunan hidup bagi setiap manusia. Sebagai panduan manusia dalam upaya mewujudkan kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat, Al-Qur’an perlu dipahami oleh setiap pribadi manusia. Pendidikan AlQur’an sangat penting untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan seorang muslim kepada Allah SWT dan memiliki akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Dakwah Al-Qur’an adalah tugas mulia yang biasanya juga dilakukan oleh orang-orang mulia. Dari waktu ke waktu tugas dan beban dakwah Al-Qur’an akan semakin berat, karena menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai keterampilan dan pengetahuan yang memadai dari para pelaku dakwah Al-Qur’an agar materi dakwah mudah dimengerti dan dipahami. Disamping itu diperlukan juga metode dakwah yang mampu menggugah hati dan menggerakkan obyek dakwah. Dengan demikian, dakwah Al-Qur’an akan mampu
mengubah sikap masyarakat ke arah yang positif dan produktif dalam beramal. Pada saat ini, sesuai dengan perkembangan jaman, semakin banyak materi dan metode dakwah Al-Qur’an yang bisa didapatkan masyarakat akan tetapi hal itu juga menyebabkan umat kebingungan memilih konten atau materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Oleh karena itu diperlukan sinergitas terhadap semua materi yang berkaitan dengan Al-Qur’an agar memudahkan umat untuk mempelajari Al-Qur’an tahapan demi tahapan. Kami KITADATA memandang untuk bisa mensinergikan seluruh pembelajaran yang berkaitan dengan Al-Qur’an agar umat muslim dapat dengan mudah mengakses semua ilmu Al-Qur’an baik itu belajar Membaca, Tahsin, Tahfidz, sampai dengan Pemahaman Al-Qur’an. Kami juga memandang pentingnya sebuah penelitian terhadap semua hal yeng berkaitan dengan Konten Al-Qur’an baik dalam hal data Al-Qur’an, materi pembelajaran Al-Qur’an, metode pengajaran, Kurikulum, sensus, dan hubungannya dengan berbagai Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Sosial, Budaya, Sejarah, dan lainnya.
KITADATA secara Spesifik mengambil bidang pengembangan berbagai materi Al-Qur’an dan pengembangan pembelajaran Al-Qur’an agar dapat diakses oleh seluruh umat islam tidak hanya di Indonesia akan tetapi di seluruh dunia. Oleh karena itu KITADATA mendedikasikan menjadi sebuah wadah bagi siapapun dan dari manapun yang mempunyai berbagai Konten baik itu Materi, Metode, Database, Kurikulum Pembelajaran dan lain sebagainya yang selanjutnya dapat disampaikan kepada seluruhU mat Islam di seluruh Dunia. Inilah menjadi latar belakang dibentuknya KITADATA; Komunitas Pecinta Dakwah Ta’lim Al-Qur’an.

C. VISI MISI KITADATA
VISI:
MENJADIKAN AL-QUR’AN SEBAGAI POROS PIKIR UMAT
DEMI MEWUJUDKAN MASYARAKAT ISLAM
YANG RAHMATAN LIL ‘AALAMIIN
MISI:
1. Mengakrabkan masyarakat kepada Al-Qur’an dengan berbagai kemudahan dan pemudahan yang berkesinambungan melalui berbagai pelatihan  Al-Qur’an baik online maupun Offline.
2. Membentuk 1 juta kader Mahir data Al-Qur’an untuk seluruh indonesia
melalui pendidikan dan pelatihan penggalian data Al-Qur’an.
3. Membentuk 1 Juta Guru Baca Al-Qur’an untuk seluruh Indonesia melalui pendidikan dan pelatihan Revolusi Baca Qur’an (RBQ).
4. Mengembangkan sistem pelatihan penggalian data Al-Qur’an melalui pengenalan software Al-Qur’an.
5. Mengembangkan Metode Baca Al-Qur’an yang Efektif dan Efisien dalam rangka membebaskan Buta Aksara Al-Qur’an di Indonesia.
6. Mengembangkan Akses Pelayanan Database Al-Qur’an Seluas-luasnya.
7. Melakukan Riset dan Pengembangan sistem Pembelajaran (kurikulum) yang efektif dan efisien baik dalam hal Pengkajian Data Al-Quran, maupun dalam hal Baca dan Pemahaman Al-Qur’an.
8. Membangun masyarakat islam yang mandiri dengan karakter Qur’ani dalam bidang Ilmu, Teknologi, Ekonomi, dan lain sebagainya.
9. Membangun Kemitraan Dengan Pihak Manapun Dalam Rangka Mewujudkan Visi dan Misi Diatas

D. TUJUAN
1. Tujuan jangka panjang : mencapai visi lembaga dalam rentang waktu 10 tahun.
2. Tujuan jangka pendek: melakukan pengujian dan penelitian data-data Al-Qur’an dan Pembelajaran Al-Quran yang kemudian memasyarakatkan kajian-kajian tersebut kepada umat islam di Indonesia ataupun di dunia yang dicapai dalam rentang masa 5 tahun.
3. Tujuan jangka menengah: menjadikan Masjid-masjid di Indonesia sebagai pusat-pusat pelatihan dan pendidikan Al-Qur’an agar dapat diakses oleh seluruh umat dari berbagai tempat dan latar belakang yang dicapai dalam rentang waktu 5-10 tahun.
E. KEGIATAN DAN PROGRAM KITADATA
Adapun kegiatan dan program yang sedang dan akan dilaksanakan dan dikembangkan oleh KITADATA diantaranya:
– Workshop dan pelatihan bagi masyarakat umum mengenai kajian dan metode belajar baca dan terjemah Al-Qur’an juga pelatihan penggalian Data Al-Qur’an
– Mengumpulkan dan mendokumentasikan sumber-sumber, media, dan seluruh bahan atau metode belajar Al Qur’an baik itu metode belajar baca Al-Qur’an dari Nol, metode terjemah Al-Qur’an, metode Tahsin, Tahfidz, dan metode apapun yang ada saat ini.
– Membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan formal daninformal dalam mencapai dan melaksanakan visi, misi, dan tujuan lembaga KITADATA.
– Membangun sebuah Pusat Penggalian, Pengkajian, dan Penelitian Data AlQur’an
yang disingkat dengan P4DQ
– Mengembangkan software digital basis data untuk eksplorasi data Al Qur’an dangan kajian dari berbagai bidang yang diantaranya; ilmu
pengetahuan, bahasa, teknologi, budaya, sejarah, dan lain-lain.
– Mengadakan Sensus Al-Qur’an disetiap wilayah di seluruh Indonesia melalui jaringan KITADATA.

– Mengadakan kegiatan Wakaf Al-Qur’an.
– Mengadakan program pembebasan buta huruf Al-Qur’an.
– KitaData mempunyai beberapa program Pelatihan Online diantaranya Toturial Qsoft dengan nama program QT-OT (Qsoft Tutorial Online Training) yang saat ini berganti nama menjadi MATAQU-ONLINE (Mahir Data Qur’an) dan Pelatihan RBQ-ONLINE (Revolusi Baca Qur’an) pelatihan baca Al-Qur’an dari Nol sampai Fasih baca Al-Qur’an yang diselenggarakan secara Gratis, sebuah pelatihan berbasis aplikasi media sosial Whatsapp yang sudah melahirkan ribuan alumni yang bukan hanya dari Indonesia tapi juga dari beberapa Negara lain seperti Hongkong, Jepang, Saudi, Mesir, Vietnam, Qatar, Thailand, Malasyia, dan juga Australia dari berbagai latar belakang peserta mulai dari Guru, Dosen, Trainer, Karyawan, PNS, TKI, Mahasiswa, Pelajar, Ibu Rumah Tangga, Insinyur, Bankir, sampai Dokter dengan Predikat Lulusan sebagai Muballigh dan Muballighah Al-Qur’an.
F. PENUTUP
Untuk mencapai hasil diatas tentunya kami tidak bisa berjalan sendirian, kami membutuhkan dukungan dan doa dari seluruh umat muslim. Kami juga membuka peluang kerjasama kepada siapapun yang peduli dengan pengembangan dakwah AlQur’an ini, kami juga mengharapkan masukan berupa kritik dan saran yang membangun dari semua pihak, dan evaluasi diri berkesinambungan.
Akhirnya kami juga memasrahkan segenap daya dan upaya kepada Allah subhanahu wa ta’ala semoga apa yang kami upayakan dan usahakan ini bernilai ibadah sebagai salah satu upaya Jihadul Qur’an. Aamiin..

Bandung Barat, 2016,
KITADATA CENTER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here